Kelurahan Panembahan
SEMANAK : Sehat, Manunggal, Agamis, Kreatif
 Udiakbar,    14 April 2020 PKK Panembahan Bagikan Masker Gratis di Pasar Kluwih
PKK Panembahan Bagikan Masker Gratis di Pasar Kluwih

Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluraga (PKK) Kelurahan Panembahan menggelar kegiatan berbagi masker pada para pedagang kaki lima di seluruh kawasan Pasar Kluwih Panembahan. Kegiatan ini dimotori oleh Suti Erna Purnama, Ketua PKK Kelurahan Panembahan. Kegiatan yang diselenggarakan pada Kamis, 9 April 2020 ini disambut baik oleh seluruh pedagang dan masyarakat Panembahan.

                Pembagian masker gratis ini merupakan upaya PKK Kelurahan Panembahan untuk mencegah sebaran virus covid-19 di wilayah Panembahan. PKK Kelurahan Panembahan merasa terpanggil untuk turut andil dalam memerangi penyebaran virus corona. Salah satu tindakan yang mereka lakukan adalah dengan membagi masker secara gratis pada masyarakat.

                Masker merupakan perlengkapan wajib yang harus dikenakan warga saat bepergian ke luar rumah di tengah bencana wabah virus corona. Namun, harga dan ketersediaan masker di pasaran membuat beberapa warga belum memiliki pelindung wajah ini. Ini yang mendorong Suti Erna Purnama bersama PKK Kelurahan Panembahan bergiat membagikan masker dengan cuma – cuma. Walaupun bukan standar medis, masker yang dibagikan PKK Kelurahan Panembahan sudah cukup untuk keperluan sehari – hari masyarakat.

                Kegiatan yang dilakukan PKK Kelurahan Panembahan merupakan bentuk kepedulian masyarakat atas bencana wabah virus corona. Upaya penanggulangan virus corona harus dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat, tak hanya pihak pemerintah saja. Pemerintah, baik pusat maupun daerah telah memberikan berbagai himbauan tentang cara antisipasi sebaran virus corona. Cara – cara itu antara lain dengan sering mencuci tangan, menghindari menyentuh wajah, menghindari berpelukan dan bersalaman, jangan berbagi barang pribadi, dan menjaga jarak fisik orang per orang. Selain itu, menjaga kesehatan dengan makan makanan bergizi seimbang juga ampuh untuk menangkal virus covid-19.

                Dari semua itu, masyarakat merupakan ujung tombak dari usaha menghentikan sebaran virus corona. "Semua upaya pemerintah bukan satu-satunya solusi karena basis penanganan harus pada masyarakat sebagai ujung tombak untuk memutus rantai penularan. Peran masyarakat sangat besar dan menentukan," ujar Achmad Yurianto, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19. Oleh sebab itu, pemerintah meminta kepada masyarakat untuk mematuhi anjuran-anjuran dari pemerintah.

                Yurianto mengajak masyarakat untuk bersama pemerintah memerangi virus corona dengan saling melindungi satu sama lain. "Mari bergotong royong bersatu, saling melindungi agar kita mampu melawan Covid-19. Perjuangan ini bukan cuma oleh pemerintah pusat tetapi juga sampai ke daerah, ke desa-desa, RT hingga keluarga masing-masing. Jika kita bisa disiplin, Insya Allah Indonesia bisa melewati masa sulit dan kita jadi pemenangnya," kata Yurianto.


  (45 nilai)
Pencarian
Agenda Akan Datang

Maaf, belum ada agenda untuk bulan ini

Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat10.29%
Cukup Bermanfaat0%
Bermanfaat0%
Kurang Bermanfaat41.18%
Statistik Pengunjung
Hari Ini Kemarin Bulan Ini Tahun Ini Total Pengunjung
Video Youtube
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

NO2

O3

CO

SO2

PM10


Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Tautan Terkait