Belajar Bahasa Inggris bersama KKN-PPM UGM di Kampung Ramah Anak

Kampung Panembahan di Keraton Yogyakarta dikenal sebagai Kampung Ramah Anak. Kampung Ramah Anak ini terdiri dari RW 11 hingga RW 14 dan dikelola oleh pengurus dari setiap RW masing- masing. Diversitas anak di Kampung Ramah Anak ini terdiri dari PAUD, TK, maupun yang bersekolah di bangku sekolah dasar. Program belajar bahasa Inggris bersama ini diinisasi oleh tim KKN-PPM UGM untuk mengajak adik- adik di Kampung Ramah Anak untuk melatih dan memperdalam pengetahuan serta kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris di dalam kehidupan sehari- hari. Pembelajaran Bahasa Inggris ini dilakukan setiap hari Rabu, pukul 15.00 hingga 17.00 WIB. Kegiatan ini sukses dilaksanakan secara luring sebanyak 3 kali, dengan melibatkan tim pengurus Kampung Ramah Anak, Ketua RW bersangkutan, yang berkolaborasi bersama tim KKN-PPM UGM. Program ini dilaksanakan di Kedai Seru Nih.                                                                      

Kegiatan ini sukses mencari perhatian dan menarik antusiasme adik- adik. Mereka diajari beberapa kosa kata dalam Bahasa Inggris dalam beberapa topik seperti angka, buah, hewan, transportasi, maupun percakapan singkat sehari- hari. Tak hanya itu, kegiatan pembelajaran ini juga diselingi dengan permainan menarik yang diselipi edukasi protokol kesehatan COVID dengan bungkusan yang menarik. Selain itu, adik- adik juga diajak bergerak dan beraktifitas fisik selama beberapa menit untuk menghilangkan jenuh dan meningkatkan imunitas mereka.

               

Program kolaborasi KKN- PPM UGM bersama pengurus Kampung Ramah Anak ini didampingi pengawasan dari pengurus KRA terkait. Pelaksanaan program ini tentunya diselenggarakan dengan tetap menaati protokol keseharan yang ketat sesuai anjuran pemerintah. Adik- adik diperiksa suhunya sebelum masuk untuk mengikuti kegiatan, pengingat untuk menjaga jarak dan tetap memakai masker, dan juga menyiapkan masker untuk anak- anak yang belum memakai masker ketika akan atau ingin mengikuti kegiatan tersebut.

 

Dokumentasi : Tim KKN-PPM UGM YO-288