KKN-PPM UGM: Sosialisasi Protokol Adaptasi Kebiasaan Baru  dan Pembagian Sabun kepada Pedagang di Sentra Gudeg Wijilan

                              https://lh6.googleusercontent.com/b-VZfanFA_0S--xHUfQNYxomQCzHKan4EXB3WmlEuLuJMG-j6wzKgnj7jRQl1ltis2bHoW63gk808stTGzbBmFFMolq15_gFoZOI_JoIFC_n-3b6dOlMQt1B4iScovA3uYZXEO1vEvg

Sosialisasi yang dilakukan oleh Tim KKN-PPM UGM ini (13/11) dilakukan sebagai tahap kedua pada program sosialisasi adaptasi kebiasaan baru yang dilakukan di Sentra Gudeg Wijilan. Seperti kegiatan sosialisasi pertama pada (11/11), kegiatan ini ditujukan kepada pemilik usaha makanan, dalam konteks ini utamanya adalah pedagang Gudeg, tentang pentingnya pelaksanaan protokol COVID di tempat makan. Hal yang digarisbawahi adalah pelaksanaan 3M di tempat makan, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak di tempat makan.

                                                                                                https://lh3.googleusercontent.com/yngewpt2znSV2cft_WihfqOQg_Y8ReX205FVfoc7ud_1NZLabUMtOiwJ2gbTKTyBLrP54mVVHu8TKDKLFOkwq4QrQiye13f_DyuUDBJXqjQm0KsefbdX8I-LJ95Un1aTfAvfUjUQOvUObservasi lapangan dilakukan pada (7/11) sebelum dilakukannya sosialisasi. Materi sosialisasi disampaikan dengan cara berdialog bersama pegawai atau pemilik usaha makanan dan diikuti dengan penjelasan pentingnya protokol COVID dengan media poster. Pelaksanaan sosialisasi berjalan lancar dan para penjual memberikan respon dan jawaban yang terbuka terhadap kegiatan ini. Para penjual diharapkan dapat menjadi pelopor pelaksanaan protokol COVID seperti tetap memakai masker, menyediakan fasilitas tempat cuci tangan dan sabun, serta memberi jarak aman pada tempat makan sesuai dengan peraturan Kemenkes tentang Protokol COVID.

 

                                                                                                https://lh4.googleusercontent.com/N4LsDvyvq1ZIBHT81-_s8kHtOETT33k2kfnbpoYrz57Jy1-a9PVaq14yED-yIb6i3zjCvT_Evh3pRBO3CrhIUPlFYuqMsaA7V5ApPKRZvXcpy0sDyEHwp32QsCj7DvzIf4xshVcvey8Selain pembagian poster edukasi, sama seperti pada kegiatan sebelumnya, ada pemberian hadiah stiker aman untuk ditempelkan di sekitar warung. Stiker komunikatif ini bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada calon pembeli di Sentra Gudeg Wijilan karena warung- warung tersebut telah melaksanakan protokol COVID-19 dengan baik. Tidak hanya itu, Tim KKN- PPM UGM juga memberikan produk hasil buatan tim KKN-PPM UGM berupa handsanitizer alami dan sabun cuci tangan buatan tim kepada beberapa pedagang di sekitar area Sentra Gudeg Wijilan ini. Warga sangat antusias dan senang dengan diadakannya kegiatan sosialisasi dan pembagian sabun cuci tangan dan handsanitizer alami ini.

https://lh4.googleusercontent.com/Z8fjCu9KSpZTOKx8lJJwu4XyQnXWcFz52tFXkG1Jtlp_uL4OqfM1pcLYbbfonF0zEHHrVfvyEzU0ik7o4z1k0YssViKrdmn6MXgKeUwr_7tj-l-AF7HhDERVlgtYwZJ0kvelrfCWw44

 

Dokumentasi : Tim KKN-PPM UGM YO-288