PENANGANAN KORBAN COVID-19 DI KELURAHAN PANEMBAHAN KEMANTREN KRATON KOTA YOGYAKARTA

Pada hari Senin dini hari, tanggal 12 Juli 2021 ada laporan dari warga RT: 002 RW: 001 Kelurahan Panembahan yang melaporkan bahwa ada warga yang meninggal dikarenakan terpapar covid -19. Pengurus satgas covid-19 Kelurahan Panembahan Kemantren kraton, kemudian melaporkan ke BPBD Kota Yogyakarta. Laporan diterima dan dijadwalkan untuk pemulasaran.

Tapi pada siang harinya satgas Covid 19 Kel. Panembahan menerima informasi dari BPBD bahwa petugas BPBD sudah kewalahan karena banyaknya korban Covid-19 yang harus diurusi, sehingga permasalahan ini diserahkan penanganannya kepada wilayah, karena di Kemantren Kraton sudah terbentuk relawan TKC (Tim Kubur Covid) dan Tim Evakuasi.

Pada sore harinya tim TKC dibantu oleh Tim Relawan Njogo Kampung Langenastran, KTB Gamelan, Komunitas Panembahan Semanak Yogyakarta (KPSY), KTB Patehan, Posko Sekretariat Bersama (Pos Sekber) / Gabungan Tim Relawan Kemantren Kraton melaksanakan pemulasaran jenazah korban Covid 19 tersebut

Timbul kendala lain yaitu adanya antrian yang sangat lama untuk menggunakan ambulance Pemkot Yogyakarta/BPBD Kota Yogyakarta.  Pihak keluarga punya inisiatif untuk telepon RSUD Kota Yogyakarta agar dapat mengirimkan ambulance untuk proses evakuasi. Sekitar pukul 15.00 WIB ambulance datang. Tim segera menggunakan APD lengkap sesuai Protap Kesehatan untuk membantu evakuasi warga yang meninggal karena Covid 19, untuk  dibawa ke RSUD Kota Yogyakarta untuk dilakukan Pemulasaran.

Apa yang dilakukan para relawan tadi adalah salah satu bentuk kepedulian warga masyarakat Kemantren kraton pada umumnya dan masyarakat Kelurahan Panembahan pada khususnya kepada dalam ikut menangani warga masyarakat yang terdampak Covid-19. Semoga pandemi Covid-19 segera berlalu.