LOMBA POKDARWIS KELURAHAN PANEMBAHAN TINGKAT DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Pada hari Kamis tanggal 10 Maret 2022 bertempat di Pendopo Mandira Loka Kelurahan Panembahan diadakan kegiatan Lomba Pokdarwis Kelurahan Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pokdarwis Panembahan Gumregah yang baru diresmikan pada bulan November 2021 ditunjuk oleh Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta untuk mewakili Kota Yogyakarta mengikuti Lomba Pokdarwis Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pengurus Pokdarwis Panembahan Gumregah Kemantren Kraton menyiapkan segala sesuatunya termasuk administrasi serta pemetaan potensi pariwisata yang ada di wilayah Kelurahan Panembahan sebagai bahan penilaian.

Ketua Pokdarwis Kelurahan Panembahan Y. Sri Susilo menyampaikan bahwa di wilayah Kelurahan Panembahan banyak potensi pariwisata yang belum terexpose media massa dan media cetak serta media elektronik.

Mantri Pamong Praja Kemantren Kraton Drs. Sumargandi, M.Si. juga menyampaikan bahwa di wilayah Kamantren Kraton masih banyak potensi pariwisata yang perlu banyak dikembangkan lewat media promosi.

Lomba Pokdarwis Kelurahan Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta dihadiri oleh: Ibu Erni Sri Jarwati mewakili Kepala Dinas Pariwisata DIY. GKR Bendoro sebagai  Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah DIY. Kemudian Tazbir mewakili dari Tourism Advisor/penggiat pariwisata. Bobby sebagai Ketua Gipi DIY, Sotya Sasongko Puspar UGM, Agung Purwantono sebagai Media mojok.co, Nur Ahmadi sebagai Forkom Pokdarwis.

Dalam acara ini juga menampilkan potensi UMKM  yang berada di wilayah Kelurahan Panembahan diantaranya; Makanan Tradisional Serabi Kucur, Pengusaha Batik Sibori, Makanan Tradisional Gudeg Wijilan. Serta Peralatan Jemparingan berupa perajin Gendewa (busur panah tradisional).

 

Perajin Gendewa (Busur Jemparingan) yang terbuat dari Kayu, Bambu, dan Tali.

Pengusaha Batik Sibori Berbahan Kain kemudian diikat dengan karet gelang dan setelah diikat sesuai kreativitas lalu dimasukkan dalam ember yang sudah dikasih cairan pewarna kain.

Makanan Tradisional berupa Gudeg Berbahan Nangka Muda ditambah bumbu-bumbu serta direbus hingga lunak/empuk menggunakan kayu bakar dan alat yang digunakan merebus menggunakan kendil yang terbuat dari tanah liat.

Makanan Serabi Kucur berbahan dasar dari Tepung Beras ditambahkan bahan santan dan bumbu dapur lainnya. Dan dimasak dengan cobek berbahan dari tanah liat serta dimasak diatas anglo yang dibakar dengan arang.

Setelah Pemaparan Presentasi dari Ketua Pokdarwis Kelurahan Panembahan Y. Sri Susilo, dewan juri dan tamu diajak ke wilayah untuk melihat dan mencoba belajar Jemparimgan yang berada di Sasana Jemparingan Langenastro.

Tim juri serta tamu undangan sudah sampai lokasi latihan jemparingan di Sasana Jemparingan Langenastro yang berada di Jalan Langenastran Kidul.

Tim juri, tamu undangan serta GKR Bendara belajar jemparingan didampingi oleh pelatih jemparingan Langenastro.

Setelah dari Sasana Jemparingan Langenastro tim juri beserta tamu undangan kembali lagi ke Kantor Kelurahan Panembahan berpamitan dan melanjutkan tugas ditempat lain.

 

Dengan adanya lomba Pokdarwis ini kami berharap Pokdarwis Panembahan Gumregah semakin berkembang dan pariwisata di wilayah Kelurahan Panembahan juga semakin bagus dan berkembang. Apabila ada kesalahan dalam penulisan nama, jabatan, beserta pangkat kami menghaturkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya.