PENCANANGAN KAMPUNG PANCASILA KELURAHAN PANEMBAHAN KEMANTREN KRATON KOTA YOGYAKARTA

Pada hari, Kamis tanggal 07 Maret 2022, jam 16.30 WIB, tempat Pendopo Madukusuman (Jl. Langenastran Lor), diadakan kegiatan Pencanangan Kampung Pancasila. Dan dihadiri oleh Walikota Yogyakarta Drs. H. Haryadi Suyuti, Waka. Polresta Yogyakarta dijabat AKBP Fahmi Arifrianto, juga dihadiri Komandan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Arif Harianto, Mantri Pamong Praja Kemantren Kraton Drs. Sumargandi, M.Si, beserta jajarannya, Lurah Panembahan RM. Murti Buntoro, S.H., M.IP beserta jajarannya dan dihadiri oleh 14 Ka. Polsekta Se-Kota Yogyakarta, Danramil Se-Kota Yogyakarta dan 14 Mantri Pamong Praja Kemantren Se-Kota Yogyakarta.

Turut diundang Tokoh Masyarakat yang berada di wilayah Kelurahan Panembahan seperti; Ketua LPMK Panembahan, Ketua Kampung Se-Kelurahan Panembahan, beserta tamu/tokoh masyarakat lainnya.

Kampung Pancasila sendiri merupakan program yang digagas oleh TNI AD, di mana setiap Kabupaten/Kota akan ada satu lokasi yang akan dijadikan rider Kampung Pancasila dan bertujuan untuk menjaga segala dinamika di dalam masyarakat.

Pada kesempatan ini Dandim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Arif Harianto menyampaikan, mengingat kondisi Indonesia sekarang ini mengalami degradasi tentang nilai Pancasila, maka dibentuk kampung Pancasila.

Walikota berharap dari adanya program Kampung Pancasila yang sudah dibentuk agar mampu menciptakan suatu media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas dan meningkatkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam membentuk kepribadian masyarakat.

“Dengan dibentuknya Kampung Pancasila di Kelurahan Panembahan ini diharapkan mampu menjadi contoh bagi Kampung-kampung yang lain di Kota Yogyakarta untuk membentuk Kampung Pancasila lainnya.

Kegiatan Peresmian Kampung Pancasila di Kelurahan Panembahan ditandai dengan pemukulan gong oleh Komandan Kodim 0734/Kota Yogyakarta didampingi Walikota dan Wakapolresta Yogyakarta dilanjutkan penyerahan cinderamata kepada warga oleh Dandim 0734 Kota Yogyakarta, Walikota Yogyakarta, Wakapolresta dan sekaligus foto bersama dan pelepasan burung merpati.