Kelurahan Panembahan
SEMANAK : Sehat, Manunggal, Agamis, Kreatif
 Jokosa,    04 Pebruari 2020 Workshop Kader Lansia Kelurahan Panembahan
Workshop Kader  Lansia Kelurahan Panembahan

Gelar Workshop Lansia

Bersama mengelola sumber daya manusia, dan masalah keluarga,

menuju keluarga sejahtera dan unggul

PANEMBAHAN - Kelurahan Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta menggelar workshop kader lansia, bertempat di Pendopo, Mandira Loka Kelurahan Panembahan, Jalan Langenastran Lor, Nomor 17,  hari Selasa tanggal 4 Februari 2020. Workshop mengambil tema kader lansia,
bersama mengelola sumber daya manusia, dan masalah keluarga, menuju keluarga sejahtera dan unggul.

Hadir dalam kesempatan tersebut, dari psikolog Diah Purwita Rini, M.Psi dan dr. Liera Noviana dari Puskesmas Kecamatan Kraton serta Ketua Lansia Panembahan atas nama Ibu Hj. Marsudiningsih, S.Pd. Dalam acara tersebut dilaksanakan pengukuhan pengurus Lansia Kelurahan Panembahan, Periode 2019 – 2022 yang dikukuhkan oleh Lurah Panembahan.

Lurah Panembahan Purnama, SE, menyampaikan selamat dan terima kasih atas terbentuknya pengurus baru Lansia. Ia berpesan agar para pengurus tetap semangat dan selalu bekerjasama dalam menjalankan amanah.

Narasumber yang pertama disampaikan oleh Ibu Hj. Marsudiningsih, S. Pd sekalian perkenalan Ketua Lansia Panembahan Periode 2019-2022 dan memberi motivasi kepada peserta lansia panembahan supaya tetap semangat muda walaupun raga sudah menua.

Dalam kesempatan itu para lansia diajak bermain dan yoga bersama untuk mengendalikan emosi, serta dilakukan beberapa permainan supaya para peserta tidak merasa bosan mengikuti kegiatan yang dilaksakan oleh kelurahan yang dipandu oleh Psikolog yang bernama, Diah Purwita Rini

Ia berpesan agar para lansia selalu menjaga kesehatan serta menjaga keseimbangan berat badan.

"Usahakan lansia kumpul makan malam dengan keluarga, selalu adakan komunikasi biar merasa tidak dilupakan anak-anaknya, dan selalu terhubung dengan Tuhan, " terang dia. (*) 

Foto : ISTIMEWA

Caption : Para lansia mengikuti yoga sebagai pelatihan fisik ringan dan mengendalikan emosi, bertempat di Pendopo Kelurahan Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Selasa 4 Februari 2020.

Materi berikutnya, yang disampaikan oleh dr. Liera Noviana narasumber berasal dari Puskesmas Kraton Kota Yogyakarta. Perubahan yang terjadi pada Lansia diantarmya Faktor Fisik seperti : Rambut putih, Mata serta telinga berkurang penglihatan / pendengaran mulai berkurang, Kulit mulai berkeriput, Gerakan tubuh semakin lambat, Fungsi otot serta sendi mulai menurun.

Faktor Psikologis yang ditimbulkan misalnya : Daya ingat mulai turun, merasa tidak berguna, kurang percaya diri, mudah tersinggung, dll. Penyakit yang menyerang pada lansia pada umumnya diantaranya : Tekanan darah tinggi, Penyakit Jantung, Penyakit kencing manis, Pengeroposan tulang, Penyakit otot serta sendi, Psikologis, Dementia dan Stroke.

Demikian acara ini di laksanakan dengan lancar serta dengan suka cita dan acara ini ditutup oleh Lurah Panembahan dengan diakhiri foto bersama.


  (46 nilai)
Pencarian
Agenda Akan Datang

Maaf, belum ada agenda untuk bulan ini

Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat10.29%
Cukup Bermanfaat0%
Bermanfaat0%
Kurang Bermanfaat41.18%
Statistik Pengunjung
Hari Ini Kemarin Bulan Ini Tahun Ini Total Pengunjung
Video Youtube
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

NO2

O3

CO

SO2

PM10


Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Tautan Terkait